Manfaat Jahe Untuk Penderita Maag Dan Cara Mengkonsumsinya

Manfaat Jahe Untuk Penderita Maag .- Ada banyak bahan alami yang bisa kita manfaatkan sebagai obat maag guna meringankan sekaligus mengobati penyakit maag yang diderita diantaranya jahe.

Lalu benarkah jahe memiliki manfaat untuk mengatasi penyakit maag mengingat banyak penderita maag yang merasa sakit perut setelah konsumsi jahe ? berikut kami berikan informasinya untuk anda silahkan disimak !

Manfaat Jahe Untuk Penderita Maag

Sudah sejak ribuan tahun lamanya jahe digunakan sebagai makanan dan bahan obat. Selain mampu menghangatkan badan jahe juga terbukti mampu mengobati berbagi jenis penyakit.

Manfaat Jahe Untuk Penderita MaagDi india, tiongkok dan yunani jahe dijadikan sebagai obat untuk mengatasi mual dan muntah, inflamasi, gangguan pencernaan hingga perasaan terbakar di dada (heartburn). Jahe juga diyakini dapat menyembuhkan infeksi saluran pernafasan, bronchitis, serta arthritis.

Ternyata hal tersebut bukan sekedar kepercayaan tradisonal, study ilmiah yang telah dilakukan dalam skala besar menunjukan bahwa jahe memiliki khasiat dan manfaat mampu mengobati berbagai penyakit utamanya mual dan muntah pada ibu hamil.

Salah satu khasiat dan manfaat tersebut adalah mampu mengatasi penyakit maag.

Hal tersebut karena jahe memiliki banyak kandungan seperti : bisabolene, cineol, phellandrenne, citral, bomeol, citronellol, geranial, linalool, limonene, zingiberol, zingiberene, champhene, oleoresin, gingerol, shogaol. 

Tidak hanya itu jahe juga mengandung enol (gingeol, zingerone), enzim proteolitik (zingibain), vitamin B6, vitamin C, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, asam linoleat, serta gingerol (golongan alkohol pada oleoresin).

Kandungan fenol yang termasuk gingerol dan shogaols merupakan senyawa aktif yang bersifat anti-inflamasi, anti-oksidan, dan antimikroba.

Sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dimiliki fenol dapat mengatasi peradangan akibat inkeksi sekaligus membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi.

Kandungan tersebutlah yang memiliki peranan aktif dalam mengatasi penyakit maag. DImana dengan adanya kandungan tersebut maka peradangan akibat infeksi yang terjadi pada lambung dapat diatasi.

Tidak hanya itu bakteri helicobacter pylori penyebab maag juga dapat musnahkan dengan kandungan tersebut.

Kemampuan tersebutlah yang menjadikan jahe baik dikonsumsi oleh penderita maag. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagi anda penderita maag yang ingin mengkonsumsi jahe anda harus berhati-hati.

Konsultasikan dulu dengan dokter jika anda ingin mengkonsumsi jahe.

Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat jahe bisa menimbulkan iritasi pada lambung jika dikonsumsi sembarangan atau berlebihan.

Selain itu hindari konsumsi jahe merah bagi anda penderita maag, karena jahe merah bisa membuat penyakt maag yang anda derita semakin parah.

Cara Membuat Dan Mengkonsusi Jahe Untuk Penderita Maag

Bagi anda anda penderita maag yang ingin mencoba mengkonsumsi jahe untuk meringankan gejala maag kronis yang anda alami maka berikut cara membuat dan mengkonsumsi ramuan jah tersebut, yakni :

Ambil 5 gram rimpang segar lalu rebus dengan 3-4 gelas air selama 30 menit hingga menjadi 1 gelas. Setelah itu disaring dan diminum secara rutin.

Atau yang lebih praktis anda bisa mengkonsumsi serbuk jahe yang bisa anda dapatkan dengan cara membelinya. Konsumsi  2-4 gram per hari dan minum 2-3 kali sehari, baik sebelum atau sesudah makan.

Demikianlah informasi tentang manfat jahe untuk penderita maag ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Selain jahe anda juga bisa mengkonsumsi madu, lidah buaya, daun sembung, pisang kepok hingga air kelapa muda untuk mengatasi dan mengobati penyakit maag yang anda derita.

Terima kasih banyak sudah menyimak artikel sederhana ini dan jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel singkat ini bermanfaat !

Sponsor By

obat maag kornis alami