Manfaat Gula Aren Untuk Maag Dan Cara Mengkonsumsinya

Manfaat Gula Aren Untuk Maag .- Selain tepung sagu, anda juga bisa memanfaatkan gula aren untuk mengatasi gejala maag yang timbul pada saat kambuh, mengapa gula aren ? berikut jawabanya, silahkan disimak !

Gula Aren Beda Dengan Gula Merah

Manfaat Gula Aren Untuk MaagGula aren merupakan salah satu pemanis alami yang dibuat dan diproduksi menggunakan bahan alami yakni air nira yang berasal dari cairan yang dikeluarkan dari tandan bunga jantan pohon enau atau aren.

Di indonesia pohon aren memiliki nama khusus untuk setiap daerahnya seperti : enau, hanau, peluluk, biluluk, kabung, juk, atau ijuk (aneka nama lokal di Sumatra dan Semenanjung Malaya); kawung, atau taren (Sunda); akol, akel, akere, inru, atau indu (bahasa-bahasa di Sulawesi); moka, moke, tuwa, atau tuwak (di Nusa Tenggara), dan lain-lain.

Banyak yang menyuebut gula aren dengan sebutan gula merah karena memang gula aren memiliki warna merah dengan tekstur yang lebih kasar serta tidak berbentuk kristal.

Namun sebenarnya antara gula aren dan gula merah itu berbeda, dimana gula aren terbuat dari air nira yang berasa dari pohon aren sementara gula merah berasal dari cairan pohon kelapa.

Proses Pembuatan Gula Aren

Air nira yang berasal dari bunga jantan pohon enau ( aren ) akan dikumpulkan terlebih dahulu dalam sebuah bumbung bambu ( bahasa sunda : lodong ) yang sebelumnya ditambahkan pengawet alami yakni berupa laru atau kawao guna mencegah nira mengalami peragian ( permentasi ) karena nira yang telah mengalami permentasi tidak bisa dibuat gula.

Setelah jumlahnya cukup, nira direbus di atas tungku dalam sebuah wajan besar.

Gula Aren Untuk MaagKayu terbaik untuk memasak gula aren berasal dari kayu aren yang sudah tua. Karena kalori ini lebih tinggi dari kayu bakar biasa maka proses memasaknya juga lebih cepat.

Sekalipun demikian, api tidak juga boleh terlalu besar sampai masuk ke dalam wajan dan menjilat serta membakar gula yang sedang dimasak. Kalau ini terjadi gula akan hangus, rasanya akan pahit dan warnanya menjadi hitam.

Manfaat Gula Aren Untuk Maag

Selain sebagai pemanis, ternyata mengkonsumsi gula aren dipercayai mampu mengatasi gejala penyakit maag serta membantu mengobati penyakit maag.

Hal tersebut karena gula aren mengandung Thiamine (vitamin B1), Riboflavin (vitamin B2), Nicotinic Acid (vitamin B3), Pyridoksin (vitamin B6), Cyanocobalamin (vitamin B12), Ascorbic Acid yang berguna sebagai ramuan untuk mengatasi maag, menghambat pertumbuhan virus penyebab maag dan mengatasi dan menetalisir asam lambung tinggi.

Dengan khasiat dan manfaat tersebut maka sangatlah tepat jika gula aren dikonsumsi oleh penderta maag ketika gejala penyakit maag datang atau kambuh.

Dimana dengan anda mengkonsumsi gula aren, rasa perih melilit yang biasa timbul pada saat maag kambuh bisa berkurang.

Nah, bagi anda yang ingin mencoba mengkonsumsi gula arena untuk mengatasi gejala maag kambuh yang derita, berikut cara yang bisa anda lakukan, yakni :

  • Ambil seperempat dari lingkaran gula aren kemudian bubuhkan hingga halus
  • Masukkan gula aren yang sudah halus kedalam air hangat secukupnya ( satu gelas kecil ) lalu aduk hingga larut dan merata
  • Minum seduhan gula aren yang sudah larut tersebut selagi hangat

Reaksi yang akan anda rasakan setelah mengkonsumsi larutan gula aren tersebut adalah sedikit demi sedikit rasa perih akibat penyakit maag kambuh akan berkurang

Sesudah anda mengkonsumsi lauran gula aren tersebut maka dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makan apapun selama kurang lebih 1 sampai 2 jam.

Selain melarutkannya dalam air, gula aren juga bisa langsung anda konsumsi seperti mengkonsumsi permen untuk mengatasi gejala maag yang anda derita. Selamat mencoba !

Demikianlah informasi tentang manfaat gula aren untuk maag ini semoga bisa menambah wawasan anda serta menjawab rasa ingin tahu anda. Tidak ada salahnya jika anda mencoba mengkonsumsi gula aren disamping mengkonsumsi obat maag pada saat penyakit maag yang anda derita kambuh.

Sponsor By

obat maag kronis