Manfaat Kangkung Bagi Penderita Maag

Manfaat Kangkung Bagi Penderita Maag .- Ternyata kangkung baik untuk penderita maag  karena bersifat antiradang, penenang dan antiracun, dimana hal tersebut diperlukan oleh penderita maag.

Jika memang kangkung baik untuk penderita maag, mengapa pada saat dikonsumsi justru menimbulkan rasa sakit pada lambung ? silahkan simak terus artikel ini untuk mendapatkan jawabannya !

Manfaat Kangkung Bagi Penderita MaagKangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang mudah ditemui sehingga hampir semua orang mengenal sayuran ini.

Bahkan tak jarang kangkung bisa meningkatkan nafsu makan kita jika dimasak dan disajikan dengan ikan asin dan tempe goreng.

Lalu apa benar ? kangkung baik atau aman dikonsumsi oleh penderita maag, mengingat banyak yang membahas bahwa kangkung termasuk kedalam sayuran yang tidak baik untuk penderita maag karena zat besinya tinggi tidak bisa terserap oleh lambung, dan teksturnya kasar.

Baca Juga : Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Maag Kronis

Bahkan tidak sedikit orang yang menderita penyakit maag merasakan sakit pada lambungnya setelah mengkonsumsi sayur kangkung.

Manfaat Kangkung Bagi Penderita Maag

Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi yang terdapat didalam setiap 100gr kangkung, yakni :

  • Energi 29 kal
  • Besi 2,5 mg
  • Serat 1,0 g
  • Vitamin B1 0,07 mg
  • Kalsium 73 mg
  • Protein 3 g
  • Vitamin A 6.300 IU
  • Vitamin C 32 mg
  • Karbohidrat 5,4 g
  • Lemak 0,3 g
  • Air 89,7 g
  • Fospor 50 m

Berdasarkan jumlah serat dari per 100gr diatas membuktikan bahwa kangkung salah satu sayuran yang memiliki serat tinggi.

Dimana makanan yang mengandung serat tinggi dapat membantu mengurangi ulkus (luka) pada lambung dan usus (duodenum) karena akan memperkuat lapisan pelindung dalam perut dan usus.

Sementara itu kandungan zat besi, fosfor, sitosterol serta hetriakontan dalam kangkung membuat kangkung memiliki kemampuan mengatasi peradangan, menenangkan hingga mengeluarkan zat racun dalam tubuh.

Dengan adanya beberapa kandungan tersebut maka sebenarnya kangkung termasuk kedalam sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita maag karena bisa mencegah terjadinya radang yang diakibatkan luka pada dinding lambung.

Sifat penenang yang dimiliki kangkung juga diperlukan oleh penderita maag dalam mengurangi stres yang timbul pada penderita maag utamanya pada saat GERD menyerang.

Mengingat pada kondisi tersebut umumnya penderita maag akan dilanda kepanikan yang tak berujung.

Dengan mengkonsumsi kangkung maka rasa stres tersebut bisa diminimaliri oleh zat penenang alami yang terkandung didalamnya.

Ciri dari adanya zat penenang alami dalam kangkung adalah kebanyak orang setelah mengkonsumsi kangkung akan merasa ngantuk.

Ngantuk tersebut muncul karena zat penenang alami yang ada didalam kangkung telah berreaksi di dalam tubuh.

Namun mengapa, pada kenyataannya setiap sehabis makan kangkung kok para penderita maag, merasa perut langsung sakit ?

Hal tersebut terjadi karena kebanyakan kangkung yang digunakan adalah kangkung darat yang memiliki testus keras serrta penyajian dan cara mengkonsumsinya yang salah.

Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu anda ketahui agar setelah mengkonsumsi kangkung perut tidak merasa sakit utamanya bagi anda penderita maag.

Cara Memasak Kangkung Untuk Penderita Maag :

  • Pilihlah kangkung air buka kangkung darat mengingat jika dimasa kangkung air aka lebih dan tidak kaku.
  • Ambil pucuk daunnya saja, dan satu potong batangya persisi di bawah pucuk
  • Cuci kangkung dengan air hangat hingga bersih
  • Masak kangkung dengan bumbu sayur bening yakni cukup kasih bawang putih, bawang merah, daun salam, dau seledri serta sedikit lengkuas dan garam
  • Jangan dimasak tumis tapi  masukan semua bumbu kecuali seledri kedalam air kemudian didihkan
  • Jangan terlalu lama dimasak cukup hingga batang kangkung empuk. Jika sudah empuk baru masukan seledri
Manfaat Kangkung Bagi Penderita Maag

Ilustrasi Sayur Kangkung Bening

Selain memasak dengan cara khusus untuk mengantisipasi timbulnya rasa nyeri setelah konsumsi kangkung anda juga patut memperhatikan bagaimana cara mengkonsumsinya.

Cara Mengkonsumsi Sayur Kangkung Bagi Penderita Maag :

Untuk mengantisipasi atau menjaga agar tidak menyebabkan sakit di lambung, maka pada saat anda mengkosumsi kangkung usahkan mengunyahnya hingga lembut, karena dengan begitu maka enzyme yang sangat dibutuhkan oleh lambung akan dihasilkan lebih banyak.

Setelah dirasa lembut selanjutnya anda ambil sarinya saja lalu ampasnya buang jangan ikut ditelan, dengan cara ini maka sakit perut setelah mengkonsumsi kangkung pada penderita maag bisa dihindari.

Dan yang paling penting adalah kandungan yang bermanfaat untuk mengatasi penyakit maag dalam kangkung bisa tetap anda dapatkan.

Nah itulah manfaat kangkung bagi penderita maag ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak artikel sederhana ini dan sampai jumpa.

Artikel Lainnya :

Sponsor By :

obat maag kronis alami