Penyebab Perut Terasa Kembung Dan Begah

Penyebab Perut Terasa Kembung Dan Begah .- Pada saat anda merasakan perut kembung dan begah maka besar kemungkinan anda menderita penyakit maag, namun bukan hanya maag ada beberapa kondisi medis lain yang bisa menyebabkan hal tersebut. Apa saja penyebabnya silahkan disimak !

Penyebab Perut Terasa Kembung Dan Begah

Penyebab Perut Terasa Kembung Dan Begah

Perut kembung adalah sensasi dimana perut terasa penuh, kencang dan bergas. Dimana hal tersebut jelas akan menimbulkan ketidak nyamanan bagi penderitanya.

Seseorang yang mengalami perut kembung juga akan lebih sering sakit, sering mengunjungi dokter, serta mengonsumsi lebih banyak obat-obatan.

Hal ini jelas tidaklah baik, karena mengkonsumsi obat-obatan dalam waktu yang cukup lama bisa menimbulkan komplikasi.

Penderitaan orang yang mengalami perut kembung dan begas tidak hanya sampai disitu. Biasanya seseorang yang mengalami perut kembung juga akan mengalami beberapa kondisi lainnya seperti :

  • Sensasi penuh, sesak, atau pembengkakan pada bagian perut.
  • Rasa nyeri dan penuh gas pada perut.
  • Rasa sakit yang muncul bisa menyebabkan kram perut.
  • Frekuensi bersendawa menjadi lebih sering.
  • Perut terasa bergejolak.
  • Buang angin secara berlebihan.

Penyebab paling sering dari munculnya rasa perut begah dan kembung adalah gangguan lambung yakni berupa asam lambung dan tukak lambung yang menjadi penyebab timbulnya penyakit maag.

Hal tersebut dikatakan oleh dr. Radius Kusuma dari laman alodokter[dot]com, namun tidak hanya gangguan lambung ada kondisi medis lainnya yang bisa menyebabkan perut seseorang terasa kembung dan begah.

Berikut ini adalah beberapa penyebab perut terasa kembung dan begah selain gangguan lambung, yakni :

  • Cairan pada rongga perut yang disebut dengan istilah ascites, bisa terjadi akibat kanker,penyakit hati, gagal ginjal atau gagal jantung kongestif.
  • Penyakit celiac
  • Kanker ovarium.
  • Gangguan fungsi pankreas.

Selain gangguan lambung dan beberapa kondisi medis tersebut, perut terasa kembung dan begah juga bisa disebabkan oleh : menelan udara ketika makan atau minum, sembelit, merokok, makan terlalu cepat, adanya pertumbuhan bakteri terlalu cepat pada usus serta naik turunya hormon.

Mengingat adan banyak hal yang menjadi penyebab perut terasa kembung dan begah maka untuk mendapatkan kepastiannya tentang penyebabnya maka sebaiknya anda menghubungi dokter.

Namun jika perut kembung atau begas yang anda alami di ikuti dengan beberapa gejala lainnya seperti nyeri atau perih pada perut, nyeri ulu hati, nafsu makan menurun, mual dan mulut terasa pahit maka kemungkinan besar anda menderita penyakit maag.

Segera atasi dan obati perut kembung akibat maag yang derita agar penyakit maag yang anda derita tidak semakin parah atau kronis karena bisa menimbulkan bahaya.

Baca : Bahaya Maag Kronis

Pengobatan maag kronis yang bisa anda lakukan tanpa menghubungi dokter adalah dengan mengkonsumsi obat maag kronis alami atau mengkonsumsi beberapa makanan yang dipercayai memiliki manfaat dan khasiat mengatasi penyakit maag seperti tepung sagu dan gula aren.

Tidak hanya mengkonsumsi obat, langkah yang paling penting yang mesti anda lakukan guna mengatasi penyakit maag yang anda derit adalah :

  • Makan teratur setiap hari
  • Tidak membebani kerja lambung dengan tidak makan berlebihan, minum terlalu banyak air dan memilih makanan yang mudah dicerna (ketan, susu dan makanan terlalu berminyak cenderung sulit dicerna)
  • Menghindari makanan/minuman pemicu asam lambung: kopi, soda, alkohol, pedas dan asam
  • Menghindari stres dan kelelahan fisik
  • Istirahat cukup setiap hari, dengan tidur sekurangnya 7-8 jam sehari

Jika anda tidak melakukan beberapa hal tersebut maka penyakit maag yang anda derita akan kambuh dan kambuh dikemudian hari.

Jadi pengobatan maag yang baik tidak hanya mengkonsumsi obat maag saja namun wajib pula menjahui beberapa hal yang menjadi pencetus maag itu sendiri.

Demikianlah informasi tentang penyebab perut terasa kembung dan begah ini semoga bisa menjawab rasa ingin tahu anda. Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami dan salam sehat !

Sponsor By

obat maag kronis